Prosedur Perpanjangan Masa Berlaku Paspor Online

Olla! 2016 ada dua dokumen harus diperpanjang masa berlakunya, mulai dari SIM dan paspor. Kalo SIM udah dari bulan Maret kemarin selesai urusannya, tapi kalo paspor baru akhir bulan April kemarin jadi.

Untuk paspor aku coba ngurusnya pake online, dengan pemikiran nanti gak bakal ribet kalau harus ngurus sampai ke kantor imigrasi secara beberapa persyaratan udah kelar di online, beberapa teman juga merekomendasikan ngurus via online. Cukup mudah kok prosedurnya dan semua instruksi udah ada di web imigrasi Indonesia, www.imigrasi.go.id

Ini tampilan layanan paspor online di web imigrasi, pilih yang pra permohonan personal plus klik juga panduan pengisian layanan paspor online untuk tau langkah-langkah pengisiannya. 

Petama kita harus daftar dulu via web imigrasi. Kalau mau perpanjangan masa berlaku, kita pilih Pra Permohonan Personal, nanti masuk ke halaman baru dimana kita diminta ngisi data diri dan segala macamnya. Nah kalau bingung dengan tahapannya, aku saranin buka halaman petunjuk pengisian layanan paspor online supaya mempermudah kita buat ngisi form dan gak salah.

Oia, aku bikin papor 48 halaman. Pertama sih pengennya bikin yang 24 halaman, tapi pilihannya cuma ada yang 48 halaman aja, gak tau kenapa atau mungkin mengikuti jumlah halaman paspor lama kita.

Setelah semua formulir diisi, nanti ada email dari imigrasi dan lampiran jumlah uang yang harus dibayar ke bank. Lampiran suratnya di print dan kita tinggal bayar ke bank BNI, bayarnya harus lewat teller. Untuk perpanjangan paspor 48 halaman kena biaya 355.000 rupiah plus biaya administrasi ke bank 5000 rupiah, jadi total yang harus dibayar adalah 360.000 rupiah. Jangan lupa buat nyimpen bukti pembayarannya buat diserahin ke kantor imigrasi. Gitu kelar bayar, aku kemarin langsung dapet email dari kantor imigrasi yang isinya link buat daftar jadwal wawancara ke kantor imigrasi sesuai yang sudah kita isi waktu daftar sebelumnya.

Jangan lupa tanda terima permohonan buat wawancara dibawa, beserta dokumen-dokumen lainnya. Nah ini yang penting, kelengkapan dokumen. Bagian ini memang paling krusial, salah bawa dokumen atau ada yang tidak sesuai persyaratan, tidak lengkap kita disuruh balik dan gak bakal dilayani sampai persyaratan sesuai. Karena yang daftar sangat banyak, kalau ada yang gak lengkap dokumennya kita harus ngulang dari antrian paling bontot, dimana bisa sampai urutan 100 lebih dan itu makan waktu yang lama! Cukup kejam pemirsa!

Dapet antrian foto dan wawancara nomer 5. Bisa diliat itu ada tulisan pemohon online, loket fotonya dibedain dengan pemohon yang gak pake sistem online. 

Jadi dokumen yang harus disiapin buat wawancara dan foto adalah:
1. KTP asli dan fotokopiannya
2. Kartu Keluarga asli dan fotokopiannya
3. Akte Lahir asli dan fotokopiannya
4. Ijazah pendidikan terakhir asli dan fotokopiannya
5. Paspor lama
6. Bukti pembayaran paspor di Bank
7. Surat tanda terima permohonan yang dikirm kantor imigrasi via email
PS: semua dokumen yang difotokopi harus dengan format A4, gak boleh ada yang dipotong

Oke next, sampailah kita dalam tahap mengunjungi kantor imigrasi. Tips yang paling jitu adalah datang sepagi mungkin kalau mau dapet nomer antrian awal, karena tiap hari di kantor imigrasi Denpasar – Bali (khususnya) tiap harinya ada 100 lebih orang yang ngajuin perpanjangan masa berlaku atau buat paspor baru. Jam 8 dateng ke kantor imigrasi aja udah dapet antrian 50 ke atas, padahal kantor imigrasi baru buka efektif jam 8. Beberapa orang pada dateng jam 7 pagi bahkan ada yang sebelum jam 7 udah dateng buat ngantri ngambil nomer antrian verifikasi dokumen. Kalau di imigrasi Bali antrian pembuatan dan perpanjangan paspor cuma dilayani sampe jam 10 pagi. Lewat itu kita harus dateng besoknya buat ambil nomer antrian.

Aku waktu itu dapet urutan nomer 40an, padahal berangkat dari rumah jam 7 pagi dan sampe di sana jam setengah 8an. Tapi santai sih, kemarin soalnya udah ijin kantor khusus seharian buat ngurus ini, jadi kalaupun agak lama gak papa yang penting udah sarapan. Lanjut, nanti sebelum wawancara kita dipanggil buat verifikasi dokumen yang kita bawa. Nah, di bagian ini ada beberapa pelamar yang harus balik lagi besok dikarenakan dokumen yang dibawa gak memenuhi syarat. Jadi pastiin dokumen yang dibawa sesuai persyaratan dan lengkap.

Woohoo! Paspor udah jadi, tampilannya lebih seger diliat dari yang sebelumnya warna hijau. Plus tiap halaman sekarang ada gambar tempat-tempat wisata di Indonesia. 

Kelar dari bagian verifikasi, saatnya wawancara dan foto. Nah di bagian ini buat pemohon online dapet loket khusus, jadi antrian wawancara dibedain dengan pemohon yang gak pake jalur online. Keuntungannya ngurus via online adalah, katakanlah nomer verifikasi dokumen kita 50 nah selama 49 orang pemohon gak ada yang ngajuin via online, nomer antrian wawancara kita dapet nomer 1. Aku waktu itu dapet nomer verivikasi data 40an dan dapet nomer antrian wawancara nomer 5, jadi dari 40an pemohon cuma 5 orang yang ngajuin via online termasuk aku. Lumayan menghemat waktu, karena di bagian wawancara ini yang memakan waktu cukup lama buat nunggu, karena menunggu itu membosankan pemirsa, jrennggggg!

Nunggu panggilan buat wawancara gak lama, mungkin setengah jam (karena gak banyak yang ngajuin lewat online) bisa disambi makan dikantin imigrasi atau update status di social media “lagi di kantor imigrasi nih!” hahaha. Proses wawancara cepet banget. Cuma ditanya tujuan jalan-jalannya besok kemana sama memastikan data diri yang kita masukin udah bener, ada beberapa yang harus kita tanda tangan sendiri plus scan jari tangan, foto dan kelar deh!

Nunggu tiga hari kerja dan paspor bisa diambil di kantor imigrasi dengan bawa dokumen yang dikasih pas wawancara plus KTP asli.

Di kantor imigrasi Denpasar loket pengambilan paspornya buka jam 10 pagi, tapi klo mau ngambil nomer antrian dari pagi bisa. Pengalaman kemarin sih gak butuh waktu lama buat ngantri ngambil paspor, gak selama waktu ngantri verifikasi dokumen plus nunggu jatah wawancara.

Beres semua, paspor udah ditangan, tinggal nyari waktu yang pas dan tiket pesawat buat jalan-jalan ke luar negeri deh! Semoga bisa membantu yes.

Cheers,

 

0 thoughts on “Prosedur Perpanjangan Masa Berlaku Paspor Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *