Menjangan: Pulau Kecil yang Mempesona di Ujung Barat Bali

Olla! Lama bener ini blog gak diupdate, terakhir bulan April dan kemarin cukup kaget ternyata  ada cukup menikmati content dari blog ini. Mudah-mudahan bisa lebih semangat buat nulis kedepannya.
 
Kali ini mari kita jalan-jalan ke sebelah Barat pulau Bali, lebih tepatnya ke sebuah pulau kecil yang punya dunia bawah laut dan landscape yang menakjubkan! Ya, Pulau Menjangan. 
 
Aku pribadi udah dua kali ke Menjangan, dan gak menutup kemungkinan bakal ada yang keempat kelima keenam dan seterusnya. Meski letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Denpasar sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan mobil, tapi semuanya bisa kebayar lunas ketika udah masuk ke dunia bawah laut Menjangan. Lagi pula selama perjalanan menuju tempat ini, kita bisa singgah ke beberapa tempat wisata, jadi jarak bukan jadi masalah kan. 🙂
 
Waktu itu aku berangkat dari dermaga Banyu Nadi sekitar pukul 07.30 pagi, suasana masih sejuk dan bisa sekalian menikmati sunrise diatas kapal. Sekaligus bisa dapet pemandangan Taman Nasional Bali Barat dan juga untuk menghindari arus ombak yang tidak terlalu besar. Karena pengalaman udah ngerasain snorkeling dengan ombak yang besar dan ombak yang tenang selama mengunjungi Menjangan, dan yakin lah pemirsa snorkeling dengan keadaan ombak besar itu gak nyaman sama sekali.
 
Untuk biaya sewa satu kapal seharga 450.000 sampai 500.000, jadi lebih baik berwisata rame-rame bareng teman biar biaya sewa kapal tidak terasa mahal karena bisa dibagi bareng bareng, atau kalau memang sedang berpergian berdua, bisa juga gabung dengan kapal lain untuk menekan biaya sewa. Biaya sewa alat snorkeling 40.000 dan pelampung 20.000. Oya, satu kapal bisa menampung maksimal 10 orang.
 
Ada dua spot snorkeling di Menjangan dan pemandangan bawah lautnya bener-bener indah pemirsa! Karang hidupnya banyak, binatang yang menemani kita selama snorkeling pun banyak. Palung di pulau ini jadi keindahan tersendiri, dengan berbagai macam biota laut yang keren. Pulau ini juga jadi spot menarik buat diving, secara untuk snorkeling aja keren apalagi buat diving.
 
Kita juga bisa jalan-jalan di Menjangan, dua kali ketempat ini kebetulan lagi ada persembahyangan jadi untuk menghormati yang sedang beribadah aku dan beberapa teman gak begitu lama berada di kawasan pulau Menjangan, karena di tempat ini ada sebuah Pura (tempat ibadah) yang cukup sering disambangi umat hindu di Bali.
 
Mengingat snorkeling memakan banyak tenaga jadi biar gak kelaparan selama tour lebih baik membawa makanan kecil dan minuman sendiri, asalkan sampahnya jangan dibuang ke laut.
 
Banyak yang belum mengetahui, kalau pulau ini dihuni oleh menjangan (rusa), karena letaknya yang berdekatan dengan taman nasional Bali barat jadi terkadang para rusa nyebrang ke pulau ini ketika laut surut dan menghuni tempat ini untuk beberapa waktu. Akibat perburuan jumlah menjangan di pulau ini dan di taman nasional Bali barat semakin berkurang. Tapi kalau sedang beruntung kita bisa menjumpainya ketika berkunjung ke Pulau ini.
 
Habis dari pulau Menjangan, kita masih bisa eksplor beberapa tempat wisata disekitaran Bali barat, mumpung sudah jauh dari sampai sini. Untuk kuliner ada ayam betutu men Tempeh, atau mengunjungi Pantai Karang Sewu (soon about Pantai Karang Sewu on this blog) di dekat Gilimanuk, mampir ke pantai Lovina dan beberapa tempat seru lainnya. 
 
Jadi ada tambahan refrensi lagi kalau berkunjung ke Bali, gak cuma daerah Selatan aja, tapi sempatkan mampir ke bagian Bali sebelah barat. 
 
Cheers,
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 thoughts on “Menjangan: Pulau Kecil yang Mempesona di Ujung Barat Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *