Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Candi Borobudur

Waktu menunjukan pukul 4 pagi, udara pagi dan suara adzan subuh mengalun dari berbagai penjuru Bukit Stumbu. Ya, Bukit Stumbu merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati Candi Borobudur dari kejauhan pada pagi hari, karena tempatnya yang menghadap ke Timur tempat ini menjadi favorit untuk menikmati matahari terbit dengan latar Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Merbabu. Kebayang meriahnya pemandangan di Bukit Stumbu. 
Stumbu, tempat ini cukup mudah untuk di temukan, berada di desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah sekitar 4km dari Candi Borobudur. Kalau dari Hotel Manohara kearah barat, kemudian perempatan pertama belok ke kanan dan kita akan menemukan petunjuk untuk sampai ke Bukit Stumbu. Jika ragu dan tidak ingin tersesat dapat menggunakan jasa guide yang pada pukul 4 pagi sudah ada di pintu masuk Candi Borobudur untuk menawarkan anda sampai ke puncak Bukit Stumbu. 
Perjalanan dari bawah bukit sampai puncak tidak terlalu susah untuk di daki, kurang lebih memakan waktu 20 menit kita sudah sampai puncak Bukit Stumbu. Karena tempat ini sudah dikomersialkan jadi untuk menikmati pemandangan dari bukit ini kita di wajibkan membayar retribusi sebesar Rp 15.000 per orang.
Untuk para pecinta Traveling bukit ini wajib dikunjungi sembari meminum segelas kopi dan menikmati pemandangan pagi yang segar. Best time untuk mengunjung tempat ini adalah bulan April sampai Agustus, khusus untuk di bulan Juli sampai Agustus kita dapat menyaksikan matahari terbit persis diantara kedua Gunung Merapi dan Merbabu. Jadi, masih ada waktu untuk memasukan Bukit Stumbu ke dalam list jalan-jalan anda. 
Cheers! 
 

Photobucket

Photobucket
 
Photobucket


Photobucket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *