Karimun Jawa

Kemana saja saya selama ini? Itu pertanyaan yang harus ditanyakan karena jarang banget update blog, hehehe. Kemarin habis traveling satu bulan, beberapa kerjaan sebagai freelance, dan urusan tulis menulis skripsi. Buat yang terakhir bisa masuk bukan kategori sibuk ya? πŸ™‚

Kali ini mau bahas tentang Karimun Jawa deh, perjalanan 2 bulan yang lalu!! (lama bener ya?)

Photobucket

Photobucket

Oke kali ini perjalanan bersama teman2 backpacer (lagi) ada Adit, Ino, Gandhi, Theo, Adi. Kita perjalanan dari Jogja smp terminal Jombor 3500 rupiah naik Trans Jogja, lanjut pake bis yg paling terakhir jam 5 sore (kata abang yg di Jombor sih, klo salah berarti salah abangnya yak bukan salah gw) kita naik bis Ramayana 35.000 rupiah sampe terminal Terboyo Semarang ya kira-kira 3 smp 4 jam perjalanan deh dari Jogja. Dan ada kejadian lagi hampir sama waktu ke Bromo tahun lalu, Tripod gw ketinggalan di Bus!!! Jeng! Jeng!! *zoom in zoom out!!! Kalau yg pas ke Bromo yg ketingalan lensa tapi untung semuanya bisa terselamatkan dengan ngejar bus Ramayana tadi (bayangin aja film AADC waktu Cinta ngejar Rangga di Airport, oke? Udah bisa kebayang?). akhirnya kita semua nginep di Terminal soalnya bus ke Jepara baru ada jam 4 pagi, untung ketemu warung makan Padang dan beliau ngasi tempat kita buat tidur di warungnya!! Cihuiii!! Banyak orang banyak di dunia ini.

Photobucket

Photobucket

Menghabiskan malam di warung kita cerita-cerita dan waktu temen2 pada cerita gw iseng2 liat2 ke sekeliling Terminal, dan TERNYATA di dalem bus yang sedang parkir ada sesuatu yg janggal banget menurut gw, trus gw liatin lagi, boy ternyata ada 2 orang sedang memadu kasih di dalem bus yang gelap itu!! Dan sialnya gw ngeliat itu, ya dilanjutin aja nontonnya tanpa bilang ke temen2, gtu udah kelar β€œmaen” baru gw ceritain sm anak2. What a great view!! πŸ™‚

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Oke next, singkat cerita di malam itu dan adegan tersebut. Kita jam 4 udah siap mau ke Jepara naik bus kecil harga 15.000 ruipah perjalanan 2 jam. Jalannya sangat pelan sekali!!! Gggrrrrr!!! Padahal mau ngejar kapal ke Karimun jam 9 pagi waktu itu, maklum mereka nyari penumpang juga smp bus itu bener2 penuh bangettttttt!!! Oh God, untung kita penumpang pertama jadi bisa dapet tempat duduk, fiuhh. Sampai pertigaan pelabuhan kita diturunin trus harus jalan sekitar 1,5km ke pelabuhan, aroma laut dan udara pantai udah mulai kerasa waktu jalan kaki ke pelabuhan sepertinya bakal seru!! Sampai disana (pelabuhan) sambil nunggu kapal jalan isi bensin dulu gan (sarapan) plus bungkus nasi buat dimakan di atas kapal Ferry Muria, secara perjalanan 6 jam sampai ke Pulau Karimun dari Jepara. Oia harga tiket kapal Ferry tu 35.000 sekali jalan. Diatas kapal yang berjalan selama 6 jam lebih banyak banget yg bisa dikerjain main capsa, jalan-jalan, kenalan sm cewek yg juga mau liburan ke Karimun Jawa, nonton video dangdutan juga asik sumpah itu semacam penghilang stress!! Dan gw suka nonton itu, hehehe atau kalau mau aman sih tidur aja di atas kapal tau-tau udah nyampe aja, dan hilangin rasa khawatir sm mabok laut dijamin klo kita ngelakuin kegiatan pasti ga bakal mabok laut deh, yakinlah karo inyong!!

Photobucket

Photobucket

Singkat cerita kita udah sampai KARIMUN JAWA!!! Yay! Kita tinggal di rumah pak solikul, jadi perjalanan ini nggak pakai paket, kita mau kemana aja terserah kita. Sekilas tentang Pak Solikul perawakan pendek, senang mendongeng (jadi siapkan waktu buat dengerin cerita dia yak?), baik, PNS, penguasaha, penghulu, punya anak 2, punya istri yg katanya masih satu. Isrti pak solikul ini klo udah masak ga ada yg ga enak!! Semuanya enak banget, harga tergantung kita mau yg 10 smp 15ribu sekali makan, trus tiap hari ada 2x snack dan itu gratissss!!! Satu lagi istri pak Solikul klo bikin sambel istimewa banget, pedesnya ga tanggung2!!!! Buat penginapan satu orang kenal 10.000 rupiah permalem, kalau mau tidur di kamar kena harga 20.000 per malem. Dan rumah singgahnya bernama PANTURA!! hokya hake, hake hokya!!

Hari pertama di Karimun Jawa, kia langsung pergi ke Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Besar, dan berakhir menikmati sunset di Tanjung Gelam. 300.000 rupiah buat nyewa kapal bisa diisi sama 10orang (udah termasuk 2 orang awak kapal *istilah lu vin*). Bisa dibuat ke beberapa tempat dan puas banget!! Enaknya kita ga usah diatur sm mereka yg penting habis sunset kita balik, mau kata berjam-jam di satu pulau terserah deh. Di menjangan besar istimewanya kita bisa berenang bareng hiu2 yang ada disana, pertamanya agak takut buat masuk secara siapa yang tau mereka mau nyerang atau nggak. Tp setelah dipikir2 udah smp sini masa nggak nyemplung, akhirnya gw berenang bersama mereka. Oia kalau renang bareng kita kena biaya 5000 rupiah plus sekali kapal bersandar kena biaya 20.000 untuk satu kapal. Kalau di Menjangan kecil sih enaknya snorkeling aja, turs Pulau Cemara Besar menikmati hari plus berjemur di sepinya pulau berpasit putih. What a great life!

Photobucket

Photobucket

Menghabiskan malam di Karimun Jawa bisa dipakai buat cerita2 sama pak Solikul atau bakar2 kayu di belakang rumah beliau, atau kalau mau berenang malem2 juga boleh, secara rumah pak Solikul gtu ke belakang langsung laut. Dan kalau udah jam 11 malem lampu dirumah mati!! Soalnya tenaga listrik di sini sebagian masih pakai Genset termasuk rumah pak Solikul, jadi kalau mau ngecharge macem2 cm bisa pas malem aja.

Hari kedua setelah dirapatkan sm teman2 karena budget yg mepet dan mumpung udah sampai sini, kita putuskan untuk ngutang sm bung Gandhi biar bisa ngetrip ke pulau yg ditimur Karimun Jawa, untung Gandhi bawa uang lebih, fiuhhh thanks God for bring Gandhi with us, hehehe. Oke perjalanan hari kedua mulai!! Pertama kita ke Pulau … (gw lupa namanya, hahaha) buat snorkeling dan mincing, trus ke Pulau Tengah buat istirahat dan makan siang sm kalau mau berenang boleh biaya 30.000 buat kapal bersandar di Pulau ini sama 20.000 ribu di Pulau Cilik. Oia for your information gelombang di Timur Karimun Jawa terkenal gede dan lumyan bikin perut ajojing, terbukti 2 orang teman mendapatkan JACKPOT!! Wow, kerennnnn, hahaha. Habis itu lanjut ke Pulau Cilik dan puas banget snorkeling di sini, selain ikannya banyak juga terumbu karangnnya lumayan bagus disbanding pulau yg udah gw kunjungi. Dan di akhiri dengan berjemur. Pulangnya kita mampir dermaga baru di Timur Karimun Jawa, buat beli makanan kecil, dan terakhir Sunset di atas Kapal. πŸ˜€

Photobucket

Photobucket

Malam Terakhir di Karimun Jawa kita berkunjung ke pusat kota Pulau Karimun, pinjem 3 motor Pak Solikul ganti biaya bensin 1 liter. Di sana kita ke alun-alun yang kebetulan waktu itu lagi sepi soalnnya nggak pas malem minggu. Makan kepiting 10.000ribu 3 biji!! Dhuaarrr!! Puas banget makannya, yummyyyyyy. Malemnya packing buat besok pulang πŸ™

Photobucket

Photobucket

Perjalanan pulang dijemput sm mobil kena biaya 15.000 rupiah sekali jalan, kapal kita berangkat jam 8 dari Karimun Jawa ke Jepara dan siap2 terombang-ambing di atas kapal selama 6 jam 😐 yihhhaaa. Sampai Jepara sekitar jam 3 sore langsung ke terminal Jepara sekitar 2km jalan kaki dari pelabuhan, akhirnya dapet bus ke Semarang 12.000 rupiah satu orang. Dan waktu naik bus ini supirnya ga santai sumpah! Ngebutnya pol! Tapi seru, apalagi didalem bus diputer video dangdutan yg kalo goyang di slow motion trus angelnya dari bawah (kebayangkan kan kayak apa jadinya, hahaha). Jam 6 sore sampai Semarang langsung nyari bus, ternyata udah susah dapet yg ke Jogja, akhirnya banting stir mampir ke Solo 15.000 rupiah satu orang, disana bisa makan nasi liwet seharga 5000 rupiah plus minum, secara duit udah mepet banget!! Hahaha. Trus dilanjut naik bus ke Jogja dan kita dapet bus Sumber Kencono!! Dhuarrrr!! Selama perjalanan berdoa biar nggak kenapa2, hehehe. Cukup murah sih busnya 6000 rupiah sampai janti jam 11 malam, dan pulang kerumah masing2 dijemput naik mobil sama mama and papa Theo, yes gratisan lagi!! Hahahaha.

I think that’s enough, agak capek juga ngetik, hahaha. Perjalanan yang menyenangkan dan melelahkan sama teman2 dengan total biaya 450.000 ribu seorang dengan total 6 orang atau mau aman bawa 500.000 deh perjalanan 5 hari. Mungkin kalau teman2 bisa bawa minimal 8 orang ke Karimun Jawa bakal lebih murah lagi pengeluarannya, kita kemarin habis cukup banyak soalnya buat nyewa kapal buat pulau ke pulau.

Ada satu yang kurang selama perjalanan kemarin gw belum ngeliat kapal Flying Dutchman, selama di Karimun Jawa. Hahahahaha.

Photobucket

Next Trip Please? Cheers.. πŸ™‚

 

0 thoughts on “Karimun Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *